MENGAPA HARUS RUMAH BELAJAR ?


Internet adalah salah satu penyedia informasi paling lengkap saat ini. namun begitu tidak semua informasi yang ada di internet. Contohnya misalkan Saya seorang siswa ingin mencari video tutorial pembelajaran yang terbaik tentunya itu tidak bisa begitu saja didapatkan secara gratis . Karena video terbaik biasanya lebih dikenal ada di sebuah layanan bernama bernama ruang guru . Lalu bagaimana andaikata kita adalah seorang tidak memiliki uang berlangganan ruang guru .
Dengan segala keterbatasan tentunya kita akan mencari yang gratis detik peran pemerintah dalam Pendidikan Kebudayaan telah menyediakan portal pembelajaran gratis yang bisa diakses oleh siapa saja, portal itu diberi nama rumah belajar .


Berikut ini adalah fitur-fitur utama yang ada pada Rumah Belajar.
1. KELAS MAYA
Kelas maya adalah sebuah learning management system dikembangkan khusus untuk memfasilitasi pembelajaran virtual atau tanpa tatap muka antara guru dan siswa. dengan fitur ini guru dapat memberikan bahan ajar yang dapat diakses dan dibagikan oleh siswa dalam bentuk digital kapan saja dan di mana saja.
Kelas maya ini sangat cocok digunakan untuk pembelajaran pada masa sekarang guru dan siswa tidak terbatas harus berjumpa di sebuah kelas guru dan siswa bisa melakukan pembelajaran jarak jauh.
Baik siswa maupun guru bisa mendaftar di kelas maya ini . Nantinya guru akan membuka sebuah kelas dan siswa akan mencari kelas tersebut untuk bisa bergabung . Sebelum mendaftar bagi siswa diperlukan sebuah nomor NISN atau NIK sebagai persyaratan untuk mendaftar .



2. SUMBER BELAJAR
Sumber belajar adalah fitur dari rumah belajar yang menyajikan materi bagi siswa dan guru berdasarkan kurikulum, materi ajar disajikan secara terstruktur yang menarik dalam bentuk gambar animasi, simulasi, evaluasi, dan permainan. Saat ini sumber belajar telah diperbaharui dan lebih baik dibandingkan tampilan sumber belajar sebelum .
Fitur utama yang lainnya yaitu bank soal. paragraf baru bank soal adalah kumpulan soal dan materi evaluasi siswa yang dikelompokkan berdasarkan topik ajar tersedia juga berbagai akses soal latihan ulangan dan ujian dengan banyaknya latihan soal yang bisa siswa kerjakan maka pemahaman terhadap bakteri tertentu pun akan menjadi lebih mudah dibandingkan dengan siswa yang mencari sendiri .
3. LABOLATORIUM MAYA
Laboratorium Maya adalah fitur simulasi praktikum laboratorium yang disajikan secara interaktif dan menarik bersama lembar kerja siswa dan teori praktikum seandainya kita seorang guru agak resiko ketika melakukan sebuah percobaan. atau mungkin saja seorang guru yang tinggal di pedalaman tidak memiliki sarana dan prasarana yang memadai untuk melakukan sebuah percobaan . dan laboratorium Maya adalah jawaban dari permasalahan-permasalahan baru tersebut.



4. BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK
BSE atau buku sekolah elektronik adalah buku sekolah yang diubah menjadi bentuk digital. kita tidak perlu lagi membawa titik kita tidak perlu lagi repot untuk bawa banyak buku yang sangat berat di dalam tas kita. Karena sekarang buku sekolah itu juga sudah dikenal dengan nama buku sekolah elektronik yang biasanya berbentuk PDF .
Buku sekolah ini sangat penting keberadaannya karena setiap pembelajaran pastinya memerlukan referensi atau acuan. Buku sekolah elektronik yang pada saat ini merupakan jawaban dari permasalahan-permasalahan yang muncul.


5. MODUL DIGITAL
Modul digital ini hampir dengan buku sekolah elektronik atau BSE bedanya modul digital ini biasanya bukan merupakan buku pelajaran melainkan buku cerita pendek atau buku lainnya yang tidak membahas pelajaran secara spesifik.
6. PETA BUDAYA
Peta budaya adalah sebuah fitur yang menyajikan berbagai macam ulasan tentang kebudayaan kebudayaan yang tersebar Indonesia titik ini tentunya sangat hubungan dengan materi IPS . siswa yang mengambil jurusan IPS atau sejenisnya banyak sekali dimanjakan dengan banyaknya ulasan atau artikel yang ada pada peta budaya .
7. WAHANA JELAJAH ANGKASA
Pada fitur ini kita bisa melihat angkasa atau simulasikan apa yang terjadi di angkasa dalam sebuah aplikasi bernama Wahana jelajah angkasa fitur yang sangat bagus karena kita tidak harus pergi ke angkasa luar untuk Namun kita hanya perlu buka Apple Wahana jelajah angkasa dan kita tinggal memilih fenomena-fenomena apa saja yang ingin ketahui atau kita simulasikan ini sangat berguna atau bermanfaat baik untuk ke pelajaran ilmu pengetahuan atau sains ilmu pengetahuan lainnya yang memerlukan informasi dunia angkasa .
8. PENGEMBANGAN PROFESI BERKELANJUTAN
Sebagai seorang tentu saja atau pastinya selalu update tentunya salah satunya dengan cara mengunjungi rumah belajar.com dikbud.go.id tapi kami sangat yakin bahwa guru-guru sudah memiliki jadwal yang begitu padatnya Andaikata guru-guru melakukan kegiatan di rumah belajar itu tidak akan sia-sia karena semuanya sudah sesuai dengan peraturan-peraturan yang berlaku sehingga ketika kita berkarya di situs rumah belajar maka kita pun akan mendapatkan imbalan yang setimpal. Contohnya kita akan mendapatkan sertifikat kalau untuk pembatik level 1 pembatik dan reward-reward lainnya.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MENGAPA HARUS RUMAH BELAJAR ?"

Post a Comment