ISI DARI SURAT EDARAN NO 14 TAHUN 2019 TENTANG PENYEDERHANAAN RPP





Berikut ini adalah isi dari surat edaran Mendikbud Nadiem Makarim:

Yth.
1. Kepala Dinas Pendidikan Pro'u,insi;
2. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/kota; di seluruh Indonesia

Menindaklanjuti Peraturan Menteri Pcndidikan dan Kebudayaan te rkait dengan pelaksaaaan l(urikulum 2013, dengan hormat kami sampaikan hal-hal sebagai berikut.
1. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid.
2. Bahwa dari 13 (tiga belas) komponen RPP yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan l(ebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proscs Pendidikan Dasar dan Menengah, yang menjadi komponen inti adalah tujuan pcmbelajaran, langkah-langkah (kegiatarr) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assessmenf) yang u,ajib dilaksanakan oleh guru, sednngkan komponen lainnya bersifat pelengkap.
3. Sekolah, kelompok guru mata pelajaran sejenis dalam sekolah, l(elompok Kerja Guru/Musyau,arah Guru Matar Pelajaran (KI(G/MGMP), dan individu guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format IIPP secara mandiri untuk sebesar-sebesarnya keberhasilan belajar murid.
4. Adapun RPP yang rclah dibuat tetap dapat digunakan dan dapat puln disesuaikan dengan ketentuan sebagaimana dimaksud pada angka l, 2, dan 3. Demikian Surat Bdaran ini kami disan-rpaikan untuk menjadi perhatian dan dilaksanakan sebagaimana mestinya. Atas perhatian dan kcrja sama Saudara, kami sampaikan [erima kasih.

Sehubungan dengan hal tersebut dimungkinkan ada banyak pertanyaan yang muncul. Berikut ini adalah FAQ dan Jawabannya.

Apa yang menjadi pertimbangan penyederhanan RPP?
Guru-guru sering diarahkan untuk menulis RPP dengan rinci sehingga banyak menghabiskan waktu yang seharusnya lebih bisa dipersiapkan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi pembelajran.

Apa yang dimaksud prinsip, efisien, efektif, dan berorientasi pada murid?
Efisien berarti penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan tidak benyak menghabiskan waktu dan tenaga.
Efektif berarti penulisan RPP dilakukan untuk mecapati tujuan pembelajaran
Berorientasi pada murid berarti penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan,ketertarikan, dan kebutuhan belajar mutid di kelas.

Apakah ada standar penulisan baku pada RPP?
Tidak. Guru bebas membuat, memilih, dan mengembangkan menggunakan RPP yang sudah dibuat dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid.

Bagaimana dengan format RPP yang sudah dibuat guru?
- Guru dapat menggunakan format RPP yang telah dibuatnya.
- Guru dapat pula memodifikasi format RPP yang sudah dibuat sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi kepada murid.

Berapa jumlah komponen yang ada dalam RPP?
Ada tiga komponen inti yaitu Tujuan Pembelajaran, Langkah-langkah pembelajaran (Kegiatan), dan Penilaian Pembelajaran (hasil)
Tujuan pembelajaran ditulis dengan merujuk pada kurikulum dan kebutuhan belajar murid. Kegiatan belajar dan RPP ditulis secara efisien.

Download:
ISI DARI SURAT EDARAN NO 14 TAHUN 2019 TENTANG PENYEDERHANAAN RPP

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ISI DARI SURAT EDARAN NO 14 TAHUN 2019 TENTANG PENYEDERHANAAN RPP"

Post a Comment